Creative4dvanced’s Weblog

Desember 15, 2008

Swadaya Lembaga IPTEK Nuklir

Filed under: Uncategorized — creative4dvanced @ 6:09 am

Pertemuan regional yang digagas pertama kali di Kuala Lumpur pada tahun 2000 ini, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan institusi nuklir di masing-masing negara peserta (national nuclear institutions – NNIs) untuk menyediakan produk dan jasa bagi masyarakat dan pelaku industri.

Dengan demikian diharapkan lembaga-lembaga tersebut, yang sebagian besar merupakan lembaga penelitian dan pengembangan (lembaga litbang), dapat berkontribusi secara nyata dalam pembangunan sosio-ekonomi di tingkat nasional maupun regional. Dikemas dalam bentuk workshop, pertemuan yang akan berlangsung di Denpasar, Bali dari tanggal 21 -25 Mei 2007 tersebut akan dihadiri oleh delegasi dari 20 negara di Asia Pasifik, yaitu: Selandia Baru, Filipina, Afganistan, Banglades, Cina, Irak, Jordania, Lebanon, Malaysia, Mongolia, Pakistan, Qatar, Korea, Singapura, Sri Lanka, Syria, Thailand, Vietnam, dan Yaman, dan Indonesia sebagai tuan rumah.

Workshop ini secara khusus dan terfokus akan membahas rencana strategis untuk mencapai sustainabilitas (strategic planning for sustainability). Setiap negara peserta akan mempresentasikan draft rencana strategis masing-masing untuk kemudian dipadu menjadi suatu model dokumen rencana strategis yang dapat dijadikan benchmark pada level regional. Salah satu luaran yang diharapkan adalah munculnya pembaharuan pengelolaan sumber daya manusia, keuangan, dan manajemen pengembangan bisnis, dimana setiap NNI akan mempunyai fleksibilitas dan otonomi yang lebih besar dalam pengelolaan sumber daya yang dimilikinya. Dengan sistem semacam ini lembaga-lembaga iptek diharapkan secara bertahap lebih mandiri dari segi keuangan dan tingkat ketergantungannya terhadap pendanaan dari pemerintah semakin berkurang.

Trend manajemen riset dan pengembangan yang ingin dikembangkan oleh IAEA ini sebenarnya selaras dengan apa yang sedang dikembangkan oleh lembaga-lembaga riset di Indonesia sejak beberapa tahun terakhir, yang pada intinya adalah keinginan untuk membangun sistem dan kegiatan riset yang tidak saja mampu melakukan eksplorasi keilmuan (scientific endeavour) tetapi juga secara nyata dapat memenuhi kebutuhan masyarakat (demand and market driven).

Untuk Batan, hal ini tercermin dalam visinya: “Terwujudnya iptek nuklir berkeselamatan handal sebagai pemicu dan pemacu kesejahteraan”, yang diwujudkan dalam berbagai kegiatan penelitian, pengembangan dan rekayasa yang telah menghasilkan produk dan jasa dengan kandungan iptek yang tinggi dan sekaligus dibutuhkan masyarakat, antara lain di bidang pertanian berupa varietas benih padi unggul, di bidang kesehatan berupa perangkat medik dan sediaan radiofarmaka, di bidang industri berupa paket-paket teknologi untuk aplikasi di bidang perminyakan, pembangkit listrik, industri proses dan manufaktur, dan berbagai aplikasi lainnya.

Melalui program-program kemitraan dengan kelompok-kelompok tani, pelaku usaha kecil dan menengah, juga dengan industri-industri besar di bidang perminyakan, energi, proses dan manufaktur, Batan telah mampu menghantarkan produk dan jasa yang dihasilkannya ke masyarakat luas dengan umpan balik positif meningkatnya minat dan pemahaman masyarakat terhadap iptek, khususnya iptek nuklir. Pola kemitraan yang telah diterapkan Indonesia diharapkan dapat menjadi benchmark dalam pengembangan model perencanaan strategis menuju “sustainability and self reliance” tersebut dengan imbuhan pola-pola lain yang dikembangkan Negara-negara sahabat.

Pada workshop ini akan tampil nara sumber yang merupakan pakar di bidang bisnis teknologi, antara lain Prof. Elvira Zamora dari College of Business Administration, Filipina dan Dr. Peter Roberts dari Radservices, Selandia Baru. Direncanakan acara ini secara resmi dibuka oleh Kepala Batan, Dr. Hudi Hastowo.

Sumber: netsains.com

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: