Creative4dvanced’s Weblog

Desember 15, 2008

Inspeksi Senjata Nuklir

Filed under: Uncategorized — creative4dvanced @ 6:19 am

Ketua IAEA Mohammad ElBaradei mengakui bahwa lembaga yang dipimpinnya tidak punya kekuatan penuh untuk melakukan inspeksi atas aktivitas pengembangan nuklir di sejumlah negara tertentu dan ia mengungkapkan kekhawatirannya atas fakta itu.

Hal tersebut dilontarkan ElBaradei dalam simposium sehari yang diselenggarakan PBB, dengan tema “United Nations and Security in A Nuclear-Weapon-Free World.”

Dalam simposium yang digelar di markas besar PBB di New York itu, ELBaradei meminta agar dilakukan “langkah konkrit” untuk mempercepat perlucutan senjatan nuklir di seluruh dunia. “Dunia tidak akan mampu menanggung beban 27.000 senjata nuklir selama 20 tahun setelah perang dingin,” kata ElBaradei.

Menanggapi desakan ElBaradei, Sekjen PBB Ban Ki-moon yang juga hadir dalam forum tersebut mengungkapkan garis besar rencana PBB untuk mencapai tujuan menciptakan dunia yang bebas dari senjata nuklir. Ki-moon dalam hal ini mendesak Rusia untuk melanjutkan pembicaraan tentang penghentian program senjata nuklirnya.

“Dunia akan menyambut positif jika negosiasi antara AS dan Rusia tentang pengurangan senjata nuklir masing-masing dilanjutkan,” ujar Ki-moon.

AS Gunakan Bom Nuklir di Irak

Sementara itu, pemimpin spiritual Iran dan ketua dewan pakar negara Iran Ali Akbar Hashemi Rafsannjani dalam khutbah Jumatnya kemarin menuding AS telah menjatuhkan sebuah bom nuklir ukuran kecil di wilayah dekat perbatasan Iran-Irak dan mendesak PBB agar menyelidiki kasus tersebut.

“Ledakan bom telah menewaskan banyak orang dan menyebabkan penyakit kanker serta penyakit lainnya di kawasan itu. Tapi sejauh ini tidak ada yang memberitakannya,” kata Rafsanjani.

Ia mengatakan, rekaman peristiwa yang diduga terjadi di wilayah antara Basra, Irak dan perbatasan Iran pada tahun 1991 itu disiarkan oleh stasiun televisi Italia awal bulan ini. Menurutnya, meski tidak ada laporan resmi yang membenarkan tentang serangan AS itu, ia berharap media massa memberitakannya secara luas. Tapi ternyata berita tersebut disensor oleh banyak media.

“Jika laporan tentang serangan ini benar, maka AS sudah selayaknya ditanya mengapa AS melakukan tindak kejahatan ini untuk menghukum pemerintah Irak,” sambung Rafsanjani seperti dikutip kantor berita Fars.

Serangan bom yang diungkap Rafsanjani, berdasarkan pada klaim seorang veteran perang AS bernama Jim Brown yang mengatakan bahwa AS menjatuhkan bom nuklir seberat lima kiloton pada 27 Februari 1991, di hari terakhir perang Irak-AS. Brown mengungkap peristiwa ini dalam wawancara dengan stasiun televisi Italia RaiNews24 pada 9 Oktober kemarin.

RaiNews24 menyatakan bahwa mereka melakukan investigasi sendiri dan menemukan adanya peristiwa seismik yang terjadi pada hari yang sama ketika bom nuklir itu meledak. Fakta adanya peristiwa seismik itu didapat dari arsip Internasional Seismological Center, sebuah organisasi non profit di Inggris.

Laporan dokumenter RaiNews24 tentang peristiwa itu juga dilengkapi wawancara dengan seorang dokter Irak bernama Jawad al-Ali yang mengatakan bahwa sebelum Perang Teluk pertama tahun 1989, ada 32 kasus penyakit tumor. Tapi setelah Perang Teluk kedua tahun 1991, berdasarkan laporan Adnkronos International (AKI) tanggal 8 Oktober, padatahun 2002, jumlah kasus penyakit tumor meningkat menjadi 600 kasus di Basra.

Penyakir tumor itu kata dokter Al-Ali, bukan hanya mempengaruhi warga berusia lanjut tapi juga berdampak pada anak-anak. Ia menunjukkan foto-foto para penderita tumor itu dalam film dokumenter tersebut.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: