Creative4dvanced’s Weblog

Desember 15, 2008

Forum Alternatif Energi Nuklir

Filed under: Uncategorized — creative4dvanced @ 6:29 am

BRATISLAVA, SELASA- Sekitar 100 politisi, industrialis, produsen, dan ahli bertemu di Brarislava, Senin dan Selasa (27/11) ini dalam sebuah forum untuk membahas peran nuklir sebagai sumber energi alternatif.
Berkait dengan isu pemanasan global dan keinginan keras dunia untuk menurunkan emisi karbon, para peserta forum ini berpendapat bahwa nuklir merupakan solusi alternatif yang sangat menjanjikan. “Energi nuklir adalah solusi alternatif yang menjanjikan,” kata Perdana Menteri Slowakia Robert Fico ketika membuka pertemuan dua hari itu.

“Kebijakan untuk menutup atau tidak membangun reaktor nuklir baru adalah keputusan politik. Hal itu harus dihormati. Akan tetapi, mayoritas negara Eropa telah mengambil opsi lain,” tambah Perdana Menteri Cechnya Mirek Topolanek.

Slowakia, seperti halnya Republic Checnya, Perancis, Finlandia, Lithuania dan Bulgaria adalah beberapa negara di Eropa yang memproduksi energi nuklir.
“Forum Bratislavia membuka perdebatan tentang produksi nuklir tanpa tabu,” kata Ketua Forum Atom Eropa (Foratum) Christian Taillebois. Foratum adalah asosiasi industri penghasil energi nuklir di Eropa yang berbasis di Brusel. Tujuan utama dari Foratum adalah mempromosikan penggunaan energi niklir di Eropa.

Taillebois sendiri sangat berharap agar kebijakan nuklir terintegrasi penuh dalam kebijakan energi Eropa. Sebagai sumber energi terbarukan, nuklir adalah yang pertama dan terdepan dalaam menghasilkan energi yang bebasa emisi karbon (zero CO2),
Sampai saat ini, soal energi nuklir masih menjadi perdebatan dan masih menimbulkan kontroversi. Di luar gedung pertemuan, misalnya, sejumlah aktivis lingkungan lantang menerikaan “Tidak untuk Nuklir.”

Sumber: energiterbarukan.net

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan komentar

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.