Creative4dvanced’s Weblog

Desember 15, 2008

Bantuan Energi ke Korut Ditunda

Filed under: Uncategorized — creative4dvanced @ 6:05 am

Fukuoka – Bantuan energi ke Korea Utara (Korut) akan ditunda. Hal ini dilakukan karena perundingan enam negara terkait proses denuklirisasi Korut tidak mencapai kesepakatan.

Jubir Departemen Luar Negeri AS Sean McCormack mengatakan, lima negara yang terlibat dalam perundingan dengan Korut, yakni Jepang, Rusia, China, AS, dan Korea Selatan (Korsel), sepakat pengiriman bahan bakar ke Korut ditunda hingga ada kemajuan dalam perundingan.

“Ini merupakan proses aksi-untuk-aksi. Pengiriman bahan bakar selanjutnya tidak akan dilakukan tanpa adanya verifikasi…Mereka (Korut) memahami itu,” ujar McCormack seperti dikutip Reuters, Sabtu (13/13/2008).

Perundingan multilateral dengan Korut di Beijing gagal Kamis kemarin. Kegagalan ini disesalkan oleh Jepang dan Korsel. “Kedua pemimpin negara mengungkapkan penyesalan mereka atas sikap Korut yang tidak kooperatif terhadap upaya para peserta perundingan,” ungkap petugas kepresidenan Korsel.

Dalam sebuah persetujuan tahun lalu, Korut dijanjikan bantuan energi sebesar lebih dari 1 juta ton sebagai imbalan atas denuklirisasi yang dilakukannya. Saat ini Korut memang tengah menghadapi krisis energi. Negara-negara di luar lima negara peserta perundingan juga suka rela memberi bantuan energi ke Korut.

Pertengahan November lalu Korut telah menerima separoh dari jumlah yang dijanjikan. 200.000 Ton di antaranya disediakan oleh AS. Rusia juga telah mengirim sejumlah tertentu bulan ini.

Namun seperti yang lain, Rusia juga menegaskan pengiriman berikutnya tidak akan dilakukan sebelum Korut menyetujui protokol verifikasi program nuklirnya.

Negosiator AS, Christopher Hill, kembali ke Washington setelah kegagalan perundingan tersebut. Dia melapor kepada Menlu AS Condoleezza Rice Jumat kemarin. Rice, ujar Hill, tetap berupaya untuk mengegolkan perjanjian yang gagal itu.

“Ada kesempatan bagi Korut untuk menandatangani protokol verifikasi ini. Kesempatan itu masih ada. Kita menunggu. Bola ada di tangan mereka,” ujar Hill.

Sumber: detiknews

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: