Creative4dvanced’s Weblog

Oktober 11, 2008

Project NASA

Filed under: Uncategorized — creative4dvanced @ 10:01 am

Sejarah mencatat, Rusia (Uni Soviet) adalah bangsa pertama yang berhasil mencapai ruang angkasa.

Dimulai di tahun 1957, Rusia memulai sebuah perlombaan teknologi ruang angkasa dengan menerbangkan Sputnik dan dilanjutkan pada 1961, Yuri Gargarin adalah manusia pertama yang berhasil terbang di atas orbit bumi dengan pesawat Vostok I.

Kemajuan Rusia ini membuat geram Amerika Serikat, membuat NASA (badan antariksa terhebat yang dimiliki Amerika) gigit jari, kita tahu kedua negara ini sedang dalam situasi perang dingin dan selalu saling bersaing terutama dalam teknologi.

Kreatifitas bisa muncul darimana saja, dari situasi apa saja. Dalam kasus ini, Amerika ada dalam posisi ‘dipermalukan’, kondisi tertekan. Untuk mengatasinya, Amerika merasa perlu melakukan sesuatu gebrakan untuk bangkit dari rasa kekalahan. Disinilah kreatifitas Amerika bangkit.

Merasa ketinggalan satu langkah di belakang Rusia ini, dibawah intruksi Presiden John F. Kennedy, Amerika mengumumkan program Apollo dengan tujuan mendaratkan manusia di bulan. Sebuah proyek ambisius dengan nilai yang sangat besar waktu itu, mencapai US$20 miliar. Rencana tersebut disetujui oleh kongres Amerika dengan menunjuk NASA sebagai badan yang bertanggungjawab melaksanakan program tersebut. Maka, perlombaan Space Race Technology pun dimulai, dengan target yang lebih besar lagi, Bulan.

Hanya dalam waktu 9 tahun, sejak Apollo 11 diresmikan pada 20 Juli 1969, Apollo 11 dikabarkan telah mendarat di Bulan dengan Neil Amstrong dan Edwin Aldrin sebagai astronotnya, astronot pertama tepatnya. Perjalanan terjauh yang pernah dilakukan manusia, 384.400 km yang diselesaikan 195 jam tanpa pengisian ulang bahan bakar. Hebat. Hebat. Euforia massal melanda dunia!

Berbagai lontaran kekaguman, seremonial, dan diskusi diselenggarakan untuk menyambut keberhasilan misi ini. Tak hanya tanggapan positif yang muncul, tapi banyak pula tanggapan negatif yang ‘menampar’ NASA. Debat publik mulai berkembang di awal tahun 70an, memicu timbulnya berbagai kontroversi di kalangan generasi muda Amerika mengenai tujuan pendaratan Apollo 11 itu sendiri.

Dibawah ini adalah salahsatu video yang menggambarkan pendaratan pertama manusia di bulan.

Kejanggalan-kejanggalan mulai menguap ke hadapan publik, seperti kejanggalan pada pengamatan bayangan, gaya tekan permukaan, latar belakang fotografi, kejanggalan ukuran, perdebatan mengenai solar wind, dan bahaya radiasi kosmik di bulan. Untuk selanjutnya, di blog ini, tidak akan dipaparkan lebih lanjut mengenai kejanggalan-kejanggalan yang muncul tersebut. Karena memang sampai saat ini misteri seputar kejanggalan misi Apollo 11 sudah banyak diperdebatkan di berbagai media. Bahkan sampai kritikan paling ekstrim pun muncul, mengapa NASA membohongi dunia?

Yang saya kagumi disini, justru kreatifitas Amerika (dalam hal ini pihak NASA itu sendiri). Bagaimana kehebatan NASA dalam membuat suatu gebrakan baru dalam dunia teknologi ruang angkasa. Bagaimanapun, dilihat dari sisi teknologi, Apollo 11 dianggap sebuah puncak keberhasian teknologi roket yang telah berhasil membawa awak manusia keluar dari orbit bumi dan mendarat di permukaan bulan.

Selain itu dalam peluncuran ini, sebenarnya NASA telah melakukan promosi yang sangat hebat, promosi yang mampu menyita jutaan pasang mata pada sekali waktu peluncuran. Manajemen bisnis yang besar terutama di bidang media informasi.

Proyek Apollo 11 ini juga paling tidak telah mengajarkan kita bagaimana memandang Bumi, ilmu fisika, ruang angkasa, semangat manusia, dan tentunya mengajarkan kita bagaimana menggunakan daya khayal dan mencoba mengaplikasikannya dalam sebuah karya riil.

Kita sabar menunggu karya-karya lain yang dengan kemampuan tertingginya mencoba menembus batas khayal.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: