Creative4dvanced’s Weblog

September 24, 2008

Notebook Paling Ringan

Filed under: Teknologi — creative4dvanced @ 7:59 am

Makin banyak notebook ultraportabel yang tipis dan enteng. Namun menurut Toshiba, miliknyalah – Portege R500-S5007V – yang paling enteng saat ini.

Jka dibandingkan Apple MacBook Air yang supertipis itu, Toshiba Portege R500-S5007V memang lebih ringan. MacBook Air berbobot 1,35kg, sedangkan timbangan Portege R500-S5007V berhenti di angka 1,08kg. Pada kondisi tertipis (biasanya saat dibuka), tebal Portege R500-S5007V tidak mencapai 2cm, atau tepatnya sekitar 1,96cm (0,77”).

Keistimewaan notebook baru Toshiba ini tidak berhenti di sana. Seri ini juga merupakan notebook pertama yang mengemaskan SSD (solid state disk) berkapasitas 128GB sebagai pengganti harddisk. Rata-rata notebook saat ini biasanya mengemaskan SSD 64GB. Ini kecuali Lenovo dan Apple yang menyuguhkan 128GB dalam dua modul yang masing-masing berkapasitas 64GB.

Dari sisi ketahanan batere, Portege R500-S5007V cukup mumpuni. Sebab menurut Toshiba, baterenya sanggup bertahan delapan jam. Maklum tidak ada bagian harddisk yang harus diputar dan meminta bagian daya di sini. Ketahanan daya batere juga didukung oleh pemakaian layar transreflective 12,1” yang dapat mematikan backlighting LED (light-emitting diode) dan memanfaatkan pantulan cahaya matahari untuk menerangi layar. .

Dari sisi kelengkapan, tawaran Toshiba menarik. Notebook ini dimotori prosesor Intel Core 2 Duo U7700 1,33GHz, dengan RAM 2GB dan cache 2MB dan sistem operasi Windows Vista Business, yang bisa diturunkan ke Windows XP Professional. Konektivitas muncul dalam wujud fitur jaringan berkabel dan nirkabel 802.11 a/g/n, Bluetooth 2.0, plus sebuah optical drive SuperMulti yang bisa membaca dan menulis ulang keping DVD dan CD. Sebagai pengaman terhadap kerusakan notebook akibat benturan, juga ditanamkan fitur pengaman.

Notebook dengan motherboard khusus built-in ini oleh Toshiba dibandrol dengan harga US$ 2999 untuk pasar AS. Namun Toshiba belum mengatakan kapan Portege R500-S5007V-nya akan dipasarkan di luar AS.

Sumber: Kompas Teknologi 22 September 2008

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: